Dukung Konversi Energi, Bersama Menteri ESDM, Dirut PLN, Dirut Jasa Tirta Energi Kendarai Motor Listrik

  • Jasa Tirta Energi
  • Berita
  • Dukung Konversi Energi, Bersama Menteri ESDM, Dirut PLN, Dirut Jasa Tirta Energi Kendarai Motor Listrik
Direktur Utama PT Jasa Tirta Energi Dr. Etty Susilowati, saat mengikuti parade Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik di Yogyakarta, yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM dan PLN.

JASATIRTAENERGI – Konversi Energi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) Fosil ke energi hijau bukanlah sebuah impian. Kemauan untuk mengkonversi energi tersebut tentunya butuh dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah memulai kegiatan Energy Transitions Working Group (ETWG) 1Presidensi G20 Indonesia di Yogyakarta, Rabu (23/3). Rangkaian acara diawali International Seminar: Renewable Technology as Driver for Indonesia’s De-Dieselization, kemudian dilanjutkan Parade Motor Konversi BBM ke Listrik yang dipimpin oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

“Menteri ESDM mengawali rangkaian kegiatan dengan membuka seminar internasional terkait de-dieselisasi, kemudian memimpin parade motor konversi BBM ke listrik dengan rute di Jalan Adi Sucipto,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Agung Pribadi, dalam keterangannya, Rabu (23/3).

Kegiatan perdana ini dihadiri oleh para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM, Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dan pihak terkait lainnya.

Parade motor listrik dimulai dari Hotel Royal Ambarukmo menuju Hotel Sheraton. Motor listrik ini merupakan hasil konversi dari sepeda motor berbahan bakar minyak.  “Kita konversi sepeda motor yang saat ini gunakan BBM, kita ganti dengn baterai. Bisa hemat BBM, kurangi emisi dan kembangkan industri pendukung,” ujar Menteri ESDM.

Direktur Utama PT Jasa Tirta Energi Dr. Etty Susilowati, yang mana dalam kesempatan ini turut serta dalam mendukung program percepatan konversi energy, menyambut positif apa yang telah menjadi program konversi BBM ke energi listrik.

“JTE menyambut positif konversi BBM ke listrik, sebagaimana yang dicanangkan oleh Pak Menteri ESDM. JTE siap berkolaborasi untuk mendorong percepatan implementasi renewable energy di Indonesia,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Kamis 24 Maret 2022.

Direktur Utama PT Jasa Tirta Energi Dr. Etty Susilowati

Lebih jauh dia menyampaikan, bagaimana penyertaan berbagai pihak, khususnya para stakeholder menjadi penting dilakukan demi mendorong upaya percepatan realisasi konversi energi.

‘”Inklusif energi kepada stakeholder menjadi prioritas untuk segera dilakukan. Memang bukan perkara mudah untuk merealisasikan hal-hal yang mungkin dianggap baru. Banyak tantangan yang dihadapi. Tantangan ke depan adalah melaksanakan investasi di bidang renewable energi,” imbuhnya.

“Target net zero emission wajib dicapai dengan memperhatikan  daya beli (kemampuan masyarakat) untuk membayar tarif renewable energi yang optimal tanpa mengenyampingkan tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Presidensi G20 Indonesia mengusung tema utama yaitu Recover Together, Recover Stronger. Sebagai bagian dari perhelatan akbar tersebut, diselenggarakan Forum Transisi Energi G20 2022 terdiri dari rangkaian pertemuan, mulai dari Energy Transitions Working Group (ETWG) 1 di Yogyakarta. Selanjutnya, ETWG 2 di Labuan Bajo, dan ETWG 3 di Bali, serta Energy Transition Ministerial Meeting (ETMM). Puncak Presidensi G20 Indonesia adalah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada September 2022.

Menteri ESDM Arifin Tasrif pada peluncuran Transisi Energi G20 tanggal 10 Februari 2022 mengemukakan, hasil perhelatan akbar ini diharapkan dapat memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan, serta transisi yang berkeadilan dalam konteks pemulihan berkelanjutan.

“Forum Transisi Energi diharapkan akan menghasilkan hasil persidangan G20 yang lebih konkrit guna memperkuat sistem energi global yang berkelanjutan, serta transisi yang berkeadilan dalam konteks pemulihan berkelanjutan,” katanya.

 

Sumber: Akuratnews

Leave A Comment

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

X